PROPOSAL KENTANG BALADO

  • 0

PROPOSAL USAHA
PEMBUATAN DAN PENJUALAN
KENTANG BALADO


A.   LATAR BELAKANG
            Berwirausaha merupakan salat satu cara untuk memperoleh keuntungan dengan cara memanfaatkan peluang peluang yang ada di sekitar kita. Dalam usaha konsumen sangatlah penting dalam berkembang tidaknya suatu usaha yang dijalankan. Kita dapat memulai suatu usaha dengan mengelola usaha kecil – kecilan, dalam proposal ini penulis berinisiatif untuk mengelola usaha kecil yaitu “PEMBUATAN DAN PENJUALAN KENTANG BALADO” penulis memilih usaha tersebut karena peluangnya cukup besar serta banyak masyarakat yang menyukainya. Penulis memilih usaha pembuatan kentang balado karena kentang merupakan makanan yang awet, tidak mudah basi dan tanpa mengandung bahan pengawet. Sehingga jika kentang balado tersebut tidak dapat terjual dalam waktu sehari, dapat kita jual dihari besoknya.
            Selain merupakan salah satu cara untuk memperoleh keuntungan, kacang telur juga mempunyai beberapa manfaat bagi yang mengonsumsinya diantarnya adalah kentang mengandung kabohidrat, dan selain itu kandungan gizi lain seperti fosfor, kalsium, zat besi dan vitamin A, B1 dan C, serta kandungan folat, thiamin dan zinc membuat kentang ini menjadi baik untuk dikonsumsi sehari-hari.
             Karena banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pembuatan kentang balado maka penulis membuat usaha tersebut. Kentang balado merupakan cemilan sekaligus teman yang cocok buat makan nasi, dengan harga yang terjangkau dan banyak disukai masyarakat. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi wirausaha untuk memperoleh keuntungan dari pembuatan kentang balado dengan cara menjualnya.

B.   VISI USAHA
Menjadikan produk berbahan dasar kentang sebagai pproduk yang berkualitas, sehat, terjangkau serta dapat berkembang dan bersaing dipasar masyarakat.


C.   MISI USAHA
1.      Mengangkat produk lokal
2.      Memperkenalkan makanan berbahan dasar kentang sebagai produk inovasi
3.      Mewujudkan peningkat kualitas produk local
4.      Menciptakan daya beli konsumen secara pontesial dengan adanya “kentang balado”
5.      Mewujudkan usaha berbahan dasar kentang sebagai usaha bisnis yang menjanjinkan
6.      Meningkatkan omset penjualan

D.   ASPEK PRODUKSI
1.      Bahan
·         Kentang 2kg
·         Gula Pasir
·         Cabe Kriting
·         Minyak Goreng
·         Bawang Merah
·         Bawang Putih
·         Daun Jeruk
·         Daun Sereh
·         Kapur Sirih
Biaya biaya
·         Plastic pembungkus
·         Satu tenaga kerja
·         Gas
·         Stiker

2.      Proses Produksi
1.      Kupas kentang lalu dicuci sampai bersih
2.      Kemudian potong sesuai selera dan rendam dalam air kapur sirih.
3.      Kentang digoreng lalu ditiriskan
4.      Bumbu bumbu yaitu cabe, bawang merah dihaluskan lalu ditambah garam
5.      Kemudian tumis dengan minyak goreng agak banyak supaya meresap dikentang
6.      Tambahkan daun sereh, lalu gula pasir, dan daun jeruk. Agar lebih harum
7.      Masukkan kentang dikit demi sedkit. Agar bumbu merata
8.      Aduk hingga bumbu terserap oleh kentang dengan rata
9.      Angkat lalu tiriskan
10.  Sajikan dalam toples atau wadah yang bisa ditutup rapat untuk dijaga kerenyahannya.

E.    ANALISA PELUANG USAHA
Analisa pasar (SWOT)
1.      Strength (kekuatan):
Kentang balaado merupakan makanan ringan yang cocok untuk cemilan sekaligus teman untuk makan nasi, tanpa bahan pengawet, tidak mudah basi merupakan salah satu kekuatan yang ada, selain itu harganya pun terjangkau maka banyak diminati masyarakat.
2.      Weakness (kelemahan):
Kelemahannya terletak pada proses pembuatannya karena digoreng menggunakan minyak goreng, sehingga ada yang beranggapan mengandung kolestrol.
3.      Opportunity (peluang):
Mengurangi resiko kerugian pada penjual karena makanan tersebut tidak mudah basi dan memilih manfaat bagi tubuh sehingga peluang untuk penjualan kentang balado cukup besar.
4.      Treath (ancaman):
Banyak pesaing yang sama dalam pembuatan produk, harga bahan baku tidak menentu dan persaingan usaha semakin ketat

F.    MARKETING MIX
-        Produk
Produk yang ditawarkan adalah makanan yang berbahan dasar kentang dan bahan bahan pendukung seperti kacang tanah, gula pasir, cabe kriting, minyak goreng dll, dengan takaran yang pas.
-        Price
Penetapan harga telahdipertimbangkan dengan modal dan laba yang akan diperoleh dari keseluruhan penjualan.
Keuntungan yang diinginkan 30% per bungkus
-        Place
Stand produk “Kentang Balado” berada di kelas XII PM2. Ditawarkan ke tempat tempat yang berpotensi meningkatkan volume penjualan .
Contoh: ditawarkan dari kelas ke kelas di SMK N 1 KUDUS, kantor guru dan lingkungan luar sekitar sekolah.
-        Promotion
Promosi dilakukan melalui:
1.      Brosur
2.      Facebook
3.      Personal selling
4.      Menerima pesanan

G.   PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL
Perhitungan modal
1.      Kentang                                  2kg                             Rp. 20.000
2.      Gula Pasir                                1kg                              Rp.   9.500
3.      Cabe Kriting                           1kg                              Rp. 10.000
4.      Minyak Goreng                       ½ liter                          Rp.   7.000
5.      Bawang Merah                        1 ons                            Rp.   1.000
6.      Bawang Putih                         1ons                             Rp.   1.000
7.      Daun Jeruk                              2 lembar                      Rp.      500
8.      Daun Sereh                             1 lembar                      Rp.      500      +
Rp. 49.500

Biaya biaya
1.      Plastic pembungkus                                                    Rp. 5.000
2.      Satu tenaga kerja                                                         Rp. 5.000
3.      Gas                                                                              Rp. 5.000
4.      Stiker                                                                           Rp. 3.000        +
Rp. 18.000
Jumlah seluruh biaya = Rp. 49.500+Rp. 18.000 = Rp. 67.500

H.   PERHITUNGAN RUGI LABA
Laba yang diinginkan = 30%
30% x Rp. 67.500 = 20.250
                                    = Rp. 67.500 +20.250
                                    = Rp. 87.750 :60
                                    = Rp. 146.20
                        Dibulatkan = Rp. 1.500
Etimasi Keuntungan :
1500 x 60 = Rp. 90.000 – 67.500
                   = Rp. 22.500

I.       ANALISA KEUANGAN
Jadi laba lebih besar dari yang diharapkan 30%nya dari modal Rp.67.500,- yang jika dihitung mendapat laba Rp. 20.250,- ada selisih Rp. 2.250,-. Keuntungan per-unit dari kentang balado adalah Rp. 43.86,-
Dengan analisa keuangan kita dapat mengetahui rugi dari produk yang dijual dan resiko dari produk tersebut, serta mengharapkan setiap penjualan produk mendapat keuntungan sesuai target 30% dengan penjualan yang lancer

J.      KESIMPULAN
Mendirikan usaha tidak harus memerlukan biaya mahal dan bahan produk yang relative tinggi. Dengan kreativitas dan inovasi bahan dasar dan memanfaatkan peluang peluang yang ada kita dapat membuat usaha yang menguntungkan. Dengan modal kurang dari Rp. 100.000,- kita sudah bisa menjadi seorang wirausahawan