Pidato Peran Generasi Muda

  • 0


Peran Generasi Muda Dalam Memajukan Bangsa dan Negara

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMK N 1 KUDUS
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha,
Dan teman-teman yang saya cintai.

Mari kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Peran Generasi Muda Dalam Memajukan Bangsa dan Negara
Pemuda merupakan ujung tombak bagi suatu bangsa dan negara untuk menjawab tantangan masa depan yang lebih baik lagi. Dibutuhkan sesosok pemuda yang memiliki kepribadian yang indah dan memiliki tingkat pemahaman keilmuan disegala bidang yang baik bagi suatu bangsa agar pemuda tersebut nantinya mampu bersaing mewakili bangsanya dalam persaingan masa depan yang tentunya akan sangat berat dan ketat.
Di Indonesia telah terjadi perubahan yang drastis disegala bidang kehidupan suatu bangsa dan negara. Perubahan drastis tersebut disebabkan oleh beberapa factor, derasnya arus globalisasi mengarah pada perubahan mentalitas para pemuda, ditambah lagi dekatnya pemuda sekarang dengan dunia kriminalitas, dengan perilaku mabuk-mabukan, free sex, premanisme, dan lainnya. Mereka semakin terperosok kedalam perilaku penyimpangan tersebut.
Kita sebagai pemuda diwajibkan membangun kepribadian yang matang, menunjukkan kedewasaan, untuk kemajuan Indonesia. Membutuhkan pemuda dengan karakteristik pemimpin yang adil dan bijaksana. Dan tidak semata-mata hanya mementingkan diri sendiri melainkan mementingkan warga negara. Berperan penting dalam melaksanakan pembangunan dan memajukan negara Indonesia, menjadi seorang pemimpin atau wakil rakyat dengan cara menyumbangkan pikiran, dan konsep sampai ikut berpartisipasi dalam melaksanakan tugas sebagai warga negara, mampu menjawab bahkan membantah anggapan-anggapan negatif dari masyarakat dengan argumentasi dan contoh-contoh konkret yang tersaji dari kesehariannya. Dan mampu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan dipercayakan kepada rakyat.
Sekian pidato yang saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam tutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatian Bapak,Ibu, dan teman-teman saya ucapkan terima kasih.